KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00169568640026 Sep 2023
Informasi Kesehatan

Tumor Phyllodes merupakan tumor pada payudara yang sangat jarang ditemukan. Angka Kejadian Tumor Phyllodes kurang dari 1% dari semua tumor payudara. Tumor ini tumbuh pada jaringan ikat payudara, yang dinamakan “Stroma” dan dapat terjadi pada semua usia, namun paling sering terjadi pada usia sekitar 40an. Kebanyakan tumor phyllodes bersifat jinak dan hanya sebagian kecil saja yang bersifat ganas (kanker).

Gejala  pada tumor  phyllodes  umumnya  unilateral (satu sisi),    tunggal,    tidak    nyeri,    dengan    benjolan   yang   dapat   teraba.   Tumor   berupa   benjolan   yang   awalnya   menetap   lalu  bertambah  besar  dalam  beberapa  bulan  terakhir.   Pada   pemeriksaan   fisik   payudara,   tumor  phyllodes  berupa  benjolan  lunak  dan  bulat, namun berukuran besar. Terlihat  mengilat   dengan   permukaan   kulit   seperti   teregang disertai pelebaran pembuluh darah vena permukaan kulit.  Pada  kasus-kasus  yang  tidak  tertangani dengan baik,   dapat   terjadi   luka   borok   kulit   akibat   iskemi  jaringan.   

Pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosis Tumor Phyllodes antara lain dengan Ultrasonografi (USG), mammografi dan biopsi jarum.
    
                             Gambaran Tumor Phyllodes pada Mammografi


Meskipun tumor phyllodes kebanyakan jinak, namun dapat membesar secara cepat.. Dokter bedah akan menyarankan terapi berupa pengangkatan  tumor. Tipe operasi yang dijalani pasien tergantung dari ukuran tumor serta preferensi pasien. Hal ini dapat dilakukan dengan operasi konservasi payudara (mastektomi parsial), yaitu pengangkatan sebagian payudara, atau pengangkatan seluruh payudara  dengan mastektomi. Perlu atau tidaknya terapi  radiasi paska operasi bergantung pada hasil patologi Anatomi dari tumor.

Bila
terdapat gejala maupun tanda yang tidak biasa pada payudara, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah khusus Payudara. untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Komentar