KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00164574720025 Feb 2022
Informasi Kesehatan

Fibroadenoma merupakan salah satu jenis tumor bersifat jinak (non-kanker) yang ditandai dengan adanya benjolan di salah satu maupun kedua payudara yang dapat teraba padat dan mudah digerakkan. Tumor jinak ini cukup umum terjadi di antara wanita berusia muda, namun dapat juga ditemukan pada segala usia.

 

Beberapa Fakta Tentang Fibroadenoma Yang Perlu Diketahui :

 

  1. Fibroadenoma sering terjadi pada usia muda yaitu usia < 30 tahun.
  2. Fibroadenoma bukan merupakan benjolan yang dapat berkembang menjadi kanker payudara.
  3. Fibroadenoma merupakan benjolan yang berbentuk padat dan mudah digerakkan saat di sentuh.
  4. Fibroadenoma tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi seringkali terasa kurang nyaman seperti nyeri terutama saat menjelang menstruasi.

 

Fibroadenoma dapat menghilang dengan sendirinya, namun pada beberapa kasus tumor jinak tersebut dapat mengganggu karena terasa nyeri sehingga perlu mendapatkan penanganan khusus oleh dokter.

 

Bagaimanakah Fibroadenoma Didiagnosis ?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada payudara untuk memastikan kelainan pada payudara. Kemudian, untuk menentukan diagnosis yang lebih tepat, dokter akan menyarankan melakukan pemeriksaan penunjang lainnya yaitu dengan melakukan pemeriksaan imaging seperti USG Payudara dan melakukan Biopsi (pengambilan jaringan untuk memeriksa apakah tumor tersebut merupakan tumor jinak atau tumor ganas).

Komentar