KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00164868480031 Mar 2022
Informasi Kesehatan

Kanker payudara merupakan jenis kanker bermula di area payudara yang ditandai dengan adanya sel yang tumbuh dan tak terkendali (abnormal).

Sifat sel kanker payudara secara umum dibagi menjadi dua, yaitu :

  • In Situ Kanker Payudara
  • Invasif Kanker Payudara

 

In Situ Kanker Payudara

In Situ kanker payudara merupakan sekelompok sel abnormal yang dapat ditemukan di tempat pertama kali terbentuk di dalam tubuh. Sel-sel abnormal tersebut dapat menjadi kanker dan menyebar ke jaringan tubuh normal terdekat.

In Situ kanker payudara dibedakan menjadi 2 jenis,  yaitu :

  • Duktal Karsinoma In Situ / Ductal Carcinoma In Situ

Jenis kanker yang merupakan tipe kanker payudara non-invasif (tidak ganas) yang paling umum terjadi. Sel-sel kanker berada di dalam saluran susu (duktus) dan belum menyebar keluar hingga ke jaringan payudara di sekitarnya.

 

  • Lobular Karsinoma In Situ / Lobular Carcinoma In Situ

Pada dasarnya, LCIS bukan merupakan kanker. Namun, terkadang LCIS digolongkan sebagai tipe kanker payudara non-invasif. Bermula dari kelenjar yang memproduksi air susu, tetapi tidak berkembang kemudian melewati dinding kelenjar susu (lobulus).

 

Invasif Kanker Payudara

Invasif kanker payudara merupakan kanker yang telah menyeba (metastasis) dari tempat dimulai adanya sel abnormal hingga ke jaringan normal di sekitarnya. Kanker payudara invasive juga dapat menyebar melalui darah dan sistem getah bening hingga ke bagian tubuh lainnya.

Invasif kanker payudara dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  • Invasif Duktal Karsinoma / Invasive Ductal Carcinoma

IDC merupakan jenis kanker yang memiliki adanya sel kanker yang bermula dari saluran susu (duktus), menembus dinding saluran susu dan berkembang ke dalam jaringan lemak payudara. Kanker jenis ini dapat bermetastasis ke organ tubuh lainnya melalui kelenjar getah bening dan aliran darah.

 

  • Invasif Lobular Karsinoma / Invasive Lobular Carcinoma

Kanker payudara dengan jenis ILC dimulai dari kelenjar susu (lobulus). Seperti jenis IDC, ILC juga dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian atau organ lainnya di dalam tubuh.

Komentar