KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00166440960029 Sep 2022
Informasi Kesehatan

Seperti halnya organ lain pada tubuh, kelenjar tiroid juga dapat mengalami masalah kesehatan yang serius. Hal ini dapat mengganggu fungsi normal dari kelenjar tiroid yang akhirnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu masalah kesehatan yang dapat menyerang kelenjar tiroid yaitu kanker tiroid.

Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon yang dapat membantu dalam mengatur metabolisme, detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh.

(Sel Folikel dan Sel C pada Kelenjar Tiroid)

Kelenjar ini memiliki dua sel penyusun utama, yakni sel folikel yang memproduksi hormon tiroid dan sel C (parafolikel)[MOU1] yang memproduksi hormon kalsitonin. Sel dalam kelenjar tiroid dapat mengalami kelainan salah satunya terjadinya pembesaranyang biasa disebut sebagai tumor. Tumor pada sel dalam kelenjar tiroid ini dapat berupa tumor jinak maupun tumor ganas. Tumor yang memiliki sifat ganas pada tiroid disebut kanker tiroid.

Kanker tiroid seringkali tidak menimbulkan tanda atau gejala awal. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat menimbulkan tanda atau gejala pada kanker tiroid stadium lanjut seperti adanya benjolan (nodul) yang dapat dirasakan melalui kulit di leher, perubahan pada suara menjadi parau (serak), sulit/nyeri ketika menelan, terasa sakit di leher dan tenggorokan, dan adanya pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Kanker tiroid diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan jenis sel yang mengalami keganasan.  Jenis kanker tiroid akan ditentukan melalui pemeriksaan patologi anatomi dengan cara mengambil sampel jaringan dan mempelajarinya di bawah mikroskop. Jenis kanker tiroid penting untuk diketahui sebagai pertimbangan dokter dalam menentukan pengobatan dan memperkirakan prognosis pasien.

Berikut tipe kanker tiroid yang dimaksud yaitu:

1. Kanker Tiroid Papiler (Papillary Thyroid Cancer)

Jenis kanker tiroid ini merupakan jenis yang paling umum terjadi. Sekitar 74-80% merupakan jenis kanker tiroid papiler.

Kanker tiroid papiler berkembang dari sel folikel dan menyerang satu lobus kelenjar tiroid yang cenderung tumbuh sangat lambat. Jenis kanker tiroid ini juga dapat menyebar ke kelenjar getah di bagian leher dan dapat seringkali ditemukan pada wanita dan orang yang berusia muda.

2. Kanker Tiroid Folikular (Follicular Thyroid Cancer)


Jenis yang paling umum berikutnya adalah kanker tiroid folikular .Sekitar 17-20% merupakan jenis kanker tiroid folikular. Jenis kanker tiroid ini sama seperti kanker tiroid papiler yang berkembang dari sel folikel dan juga cenderung tumbuh sangat lambat. Kanker tiroid folikular jarang menyebar ke kelenjar getah bening, tetapi dapat menyebar ke organ tubuh lainnya, seperti tulang maupun paru-paru.

3. Karsinoma Tiroid Meduler (Medullary Thyroid Cancer)

Persentase kasus karsinoma tiroid meduler sekitar 2-3% dari semua jenis kanker tiroid. Jenis kanker tiroid ini akan menyerang sel C penghasil kalsitonin. Kanker jenis MTC dapat menyebar ke hati, paru-paru, dan kelenjar getah bening. MTC dibagi menjadi dua tipe:

  • Sporadis yang artinya tidak diwariskan dalam keluarga. Seringkali dapat terjadi pada orang dewasa lebih tua dan hanya memengaruhi satu lobus tiroid.
  • Familial atau herediter bersifat diwariskan dalam keluarga dengan kemungkinan sebesar 2025% dapat terjadi. Biasanya berkembang selama anak-anak atau dewasa dan cenderung lebih cepat menyebar. Herediter dapat memengaruhi dua lobus tiroid sekaligus dan memiliki risiko tinggi mengembangkan tumor pada bagian organ lainnya.
4. Kanker Tiroid Anaplastik (Anaplastic Thyroid Cancer)

Jenis kanker tiroid ini yang jarang terjadi, kasusnya hanya sekitar 1-2% dari semua kanker tiroid dan diperkirakan berawal dari kanker tiroid papiler atau folikular yang sudah ada sebelumnya.

Pada kanker tipe ini, sel-sel yang seharusnya berdiferensiasi menjadi berbagai macam sel tiroid tidak berdiferensiasi sehingga sel-sel kanker sulit diklasifikasikan tipenya. Kanker tiroid anaplastik cenderung tumbuh lebih cepat daripada jenis kanker tiroid lainnya.



Benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid adalah kondisi yang cenderung tidak berbahaya, namun Anda tetap perlu waspada apabila benjolan yang muncul disertai dengan gejala kanker tiroid lainnya. Apabila Anda merasakan adanya keluhan yang tidak biasa pada bagian leher Anda, segera konsultasikan pada dokter spesialis bedah kepala dan leher untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan perawatan yang tepat.

 

Komentar