KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00166717440031 Okt 2022
Informasi Kesehatan

Setiap tahun tepatnya pada bulan Oktober, seluruh dunia memperingati sebagai bulan peduli kanker payudara atau Breast Cancer Awareness Month. Gerakan maupun kampanye yang identik dengan pita pink ini telah menginspirasi banyak masyarakat dalam upaya meningkatkan kepedulian, serta kesadaran akan pentingnya pengetahuan tentang kanker payudara. Pita berwarna pink melambangkan sifat feminim atau kewanitaan yang digunakan sebagai lambang dukungan moral dan solidaritas terhadap penyintas kanker payudara. Lalu, bagaimanakah bentuk kepedulian dari RS Onkologi Surabaya kepada masyarakat?

 

Menurut data terbaru dari The Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) tahun 2020, jumlah kasus baru kanker di dunia mencapai 19.292.789 kasus dan jumlah kasus kematian akibat kanker mencapai 9.958.133 pada tahun 2020. Kemudian, di Indonesia jumlah kasus baru kanker mencapai 396.914 dan jumlah kasus kematian akibat kanker mencapai 234.511 pada tahun 2020. Dari total insiden kasus kanker yang ada di dunia dan terutama di Indonesia, kanker payudara masih menempati urutan pertama dari seluruh kanker.

 

Mengetahui bahwa kanker payudara masih menjadi urutan nomor satu dengan kasus kanker terbanyak di dunia maupun Indonesia, Rumah Sakit Onkologi Surabaya mengajak seluruh masyarakat untuk lebih aware akan pentingnya skrining atau deteksi dini kanker payudara. Selain itu, kegiatan yang dilakukan untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengetahui tanda dan gejala kanker payudara, faktor risiko kanker payudara, memahami SADARI dan SADANIS, hingga  cara diagnosis dan terapi kanker payudara.  Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Rumah Sakit Onkologi Surabaya dalam menggalakkan kampanye dan safari edukasi dalam rangka Breast Cancer Awareness Month pada bulan Oktober 2022, yaitu:
 

  • Senam bersama Komunitas Reach to Recovery Surabaya (RRS) & RS Onkologi Surabaya pada Minggu, 2 Oktober 2022
  • Health Education “Pink Movie and Talk” bersama dr. Bob J. Octovianus, Sp.B, MCh., FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya) dan Hilton Group, Double Tree Hotel Surabaya pada Selasa, 11 Oktober 2022.
  • Health Education “Breastalk” bersama dr. Dwirani R. Pratiwi, Sp.B, FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya) dan member Java Yoga, Java Yoga Pilates Center Surabaya pada Sabtu, 15 Oktober 2022.
  • Health Education “Health Talks with JW, Breast Cancer Awareness Month Pinktober” bersama dr. Dwirani R. Pratiwi, Sp.B, FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya), Michelle Quan (influencer), ibu Ika Damajanti (Breast Cancer Survivor) dan ibu Theresia Pangemanan (breast cancer survivor), JW Marriott Hotel Surabaya pada Senin, 17 Oktober 2022.
  • Health Education “Healthy Talk Breast Cancer Awareness Month” bersama dr. Sidharta Himawan Giri, Sp.B, FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya) dan ibu Sofia Kurniawati (Breast Cancer Survivor), Profira Surabaya pada Selasa, 18 Oktober 2022
  • Health Education “AADC: Ada Apa Dengan Breast Cancer?” bersama dr. Bob J. Octovianus, Sp.B, MCh., FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya), Komunitas Osing Pink Banyuwangi dan SMAN 1 Giri Banyuwangi, Hybrid Webinar Zoom pada Sabtu, 22 Oktober 2022
  • Health Education “Bersama Kalahkan Kanker Payudara” bersama dr. Bob J. Octovianus, Sp.B, MCh., FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya), Nisya Lina (Breast Cancer Survivor) dan Shahnaz Haque (artist & presenter), Webinar Zoom pada Minggu, 23 Oktober 2022
  • Health Education “Breast Cancer Awareness Month” bersama dr. Dwirani R. Pratiwi, Sp.B, FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya), Bank Panin Dubai Syariah Surabaya pada Kamis, 27 Oktober 2022
  • Health Education “Kanker Payudara: Diagnosis & Terapinya” bersama Komunitas Reach to Recovery Surabaya (RRS), dr. Sidharta Himawan Giri, Sp.B, FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya), ibu Ita Sendra (Breast Cancer Survivor) dan dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya, Werbinar Zoom pada Sabtu, 29 Oktober 2022.
  • Health Education “Pasca Operasi Kanker Payudara: What’s Next?” bersama Komunitas Malang Breast Cancer Community (MBCC), dr. Sidharta Himawan Giri, Sp.B, FICS (Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya) dan staff Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), KPKNL Malang pada Minggu, 30 Oktober 2022.

 

Kampanye dan safari edukasi yang dilakukan merupakan bentuk komitmen RS Onkologi Surabaya dalam berbagi informasi terkait pentingnya peduli dan waspada terhadap kanker Payudara. Ada begitu banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan munculnya kanker payudara. Maka, jangan tunggu ada tanda dan gejala kanker payudara. Mari, bersama tingkatkan angka kesembuhan kanker payudara dengan melakukan skrining rutin dan deteksi dini kanker payudara.

Komentar