KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00167512320031 Jan 2023
Informasi Kesehatan

Kolposkopi merupakan prosedur pemeriksaan untuk melihat organ area reproduksi wanita seperti leher rahim (serviks), vagina hingga vulva untuk mencermati dan memastikan apakah ada tanda dan gejala penyakit serius hingga sel-sel abnormal yang disebut juga sebagai lesi pra-kanker. Pemeriksaan kolposkopi biasanya akan dilakukan saat pemeriksaan pap test. Namun, kolposkopi tidak hanya untuk mendiagnosis kanker serviks. Pemeriksaan tersebut juga digunakan untuk mendiagnosis beberapa penyakit serius pada organ area reproduksi wanita seperti kutil kelamin, radang serviks (servisitis), perubahan pra-kanker pada jaringan serviks, perubahan pra-kanker pada jaringan vagina, hingga perubahan pra-kanker pada vulva. Selama prosedur berlangsung, alat kolposkop akan membuat tampilan diperbesar pada jaringan yang melapisi serviks dan vagina. Jika dokter melihat adanya kelainan, dokter akan menyarankan untuk mengambil sampel jaringan (biopsi) kemudian diuji di laboratorium untuk melihat apakah jaringan tersebut sel pra-kanker atau kanker.

 

Prosedur pemeriksaan kolposkopi dapat dilakukan saat dokter menemukan adanya sel abnormal selama pemeriksaan panggul maupun pap test. Pemeriksaan ini dapat melihat adanya perubahan seperti pembuluh darah abnormal, struktur, jaringan hingga warna pada organ reproduksi wanita. Sel abnormal yang terlihat memungkinkan untuk menjadi gejala awal kanker yang nantinya dapat berkembang. Saat melakukan skrining kanker serviks, dokter tidak hanya menggunakan kolposkopi saja. Pada wanita yang berisiko tinggi kanker serviks akan dilakukan kolposkopi bersamaan dengan pemeriksaan pap test. Meskipun hasilnya normal, dokter  tetap akan menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap test secara rutin untuk deteksi dini kanker serviks.

 

Apabila terdapat keluhan dan hal yang tidak biasa pada area organ kewanitaan, segera konsultasikan dengan dokter spesialis gineko-onkologi kami untuk segera menemukan lebih awal hingga mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

 

Untuk jadwal dokter spesialis gineko-onkologi kami, silahkan bisa akses di website www.rsonkologi.com pada laman website, klik “Lihat Jadwal”. Update informasi mengenai Rumah Sakit Onkologi Surabaya juga dapat diakses di media sosial kami, yaitu @rsonkologisby (instagram), RS Onkologi Surabaya (facebook), Rumah Sakit Onkologi Surabaya (youtube).

Komentar