KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00171616320020 Mei 2024
Informasi Kesehatan

Salah satu jenis perawatan yang dibutuhkan oleh pasien kanker yaitu Perawatan Paliatif. Perawatan tersebut merupakan rangkaian tindakan yang dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri serta masalah fisik lainnya dengan memperhatikan aspek psikologi, sosial hingga spiritual kepada pasien kanker. Sebenarnya perawatan ini tidak hanya diperuntukkan bagi pasien kanker saja, namun bisa juga bagi pasien penyakit lain dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

 

Apa Saja Manfaat Perawatan Paliatif?

  1. Mengatasi gangguan fisik, biasanya tim perawat akan berkonsultasi dengan dokter spesialis sesuai dengan gangguan fisik yang dialami pasien.
  2. Mengatasi gangguan emosi, perawatan ini akan didampingi oleh psikolog untuk membantu mengontrol perasaan/emosi negatif pasien.
  3. Pendekatan secara spiritual, selain didampingi oleh psikolog, tim perawatan paliatif juga bisa dibantu oleh tokoh agama sesuai kepercayaan masing-masing untuk membantu memberikan ketenangan jiwa.

 

Jenis Perawatan Paliatif Bagi Pasien Kanker

Beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan oleh pasien kanker yaitu:

  1. Terapi Seni

Sesi terapi ini, pasien akan diberi kesempatan untuk belajar mengekspresikan diri. Terapi ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan ketenangan pada hati dan pikiran. Pasien dapat melakukan beberapa aktivitas yang memberikan manfaat bersama dengan terapis seperti menggambar, melukis, merajut atau membuat kerajinan tangan.

  1. Terapi Musik

Terapi musik sebagai bagian perawatan paliatif bisa digunakan untuk mengatasi emosi negatif tersebut. Pada terapi ini, pasien kanker akan melakukan berbagai kegiatan terkait musik, seperti mendengarkan musik klasik, menyanyi bersama, memainkan alat musik atau menuliskan lirik lagu.

Informasi lebih lanjut terkait Layanan Rumah Sakit Onkologi Surabaya, silahkan hubungi ke nomor Whatsapp 081233555687 atau klik link berikut https://linktr.ee/rsonkologysby.

Komentar