KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00165654720030 Jun 2022
Informasi Kesehatan

Mastitis adalah kondisi peradangan pada payudara yang dapat disertai dengan ada atau tidak adanya infeksi. Mastitis adalah sebuah kondisi non kanker payudara. Kondisi nonkanker payudara ini dapat disebabkan oleh adanya penumpukan ASI karena saluran susu yang terhambat. Kondisi ini dapat menyebabkan adanya peradangan pada payudara. Peradangan yang muncul karena menyusui juga dikenal sebagai istilah Mastitis Laktasi. Mastitis terjadi pada 10-33% wanita menyusui, namun juga dapat terjadi pada 5-9% wanita yang tidak menyusui. Mastitis juga dapat terjadi pada wanita yang tidak menyusui karena adanya beberapa faktor, yaitu:

  1. Merokok
  2. Adanya luka pada puting payudara
  3. Terlalu sering menggunakan bra yang terlalu ketat
  4. Stress atau kelelahan
  5. Memiliki sistem kekebalan yang lemah karena kondisi kesehatan yang kurang baik seperti memiliki riwayat diabetes

Mastitis dapat terjadi pada salah satu atau kedua payudara. Sebagian wanita juga menganggap bahwa tanda dan gejala mastitis memiliki kesamaan dengan tanda dan gejala kanker payudara. Berikut tanda dan gejala mastitis yang penting untuk diperhatikan:

  • Terdapat benjolan pada payudara
  • Terasa nyeri pada payudara
  • Kulit berwarna kemerahan pada area payudara
  • Payudara terasa hangat saat disentuh
  • Terasa gatal pada area payudara
  • Terdapat luka pada puting maupun kulit payudara

Gejala mastitis perlu dilakukan pemeriksaan segera oleh dokter apabila tidak kunjung membaik. Selain dapat meminimalkan adanya rasa tidak nyaman pada ibu menyusui, diagnosis sejak dini juga dapat membantu dalam mendapatkan penanganan yang tepat pada perubahan yang tidak biasa di area payudara.

Komentar