KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat
Oleh Administrator
00163762560023 Nov 2021
event

KANKER adalah penyakit yang tak mengenal usia dan tak mudah dikenali gejalanya. Dalam acara Jawa Pos Health Care Expo yang digelar di Pakuwon Mall pada 19 – 21 November 2021, Direktur RS Onkologi Surabaya dr. Vicky Damayanti, M.Kes menekankan pentingnya pemeriksaan dini untuk mencegah kanker makin parah. ”Deteksi dini akan membuat penanganan kanker lebih efektif di stadium awal. Untuk itulah sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar rutin melakukan pemeriksaan diri sebelum timbul gejala,” ujarnya.

Dokter spesialis patologi RS Onkologi Surabaya dr. Dyah Fauziah, Sp.PA sepakat. Kanker bukan penyakit yang datang mendadak. ”Periksalah walau belum punya kelainan, khususnya di kanker payudara dan kanker leher rahim,” ungkapnya. Skrining sejak dini sangat penting untuk mendeteksi kanker payudara.”Di usia 17 tahun sudah bisa dilakukan pemeriksaan dengan USG Payudara. Mulai usia 35 tahun ke atas sudah harus rutin cek setahun sekali,” ujar Breast Radiologist RS Onkologi Surabaya dr. Lies Mardiyana, Sp.Rad.

Ketepatan memilih tempat untuk periksa kanker menjadi penting. RS Onkologi Surabaya yang menerapkan pendekatan tim multidisiplin dengan standar tinggi siap menjadi solusi tepat bagi penanganan kanker. Dokter Dwirani R. Pratiwi Sp.B FICS Breast Surgeon RS Onkologi Surabaya menyebutkan bahwa penanganan kanker seharusnya melibatkan beberapa dokter spesialis yang ahli di bidangnya. Misalnya, dokter spesialis bedah, dokter spesialis radiologi, dokter spesialis patologi anatomi, dan dokter spesialis hemato-onkologi medik. ”Multidisciplinary approach artinya satu pasien akan ditangani oleh banyak dokter untuk hasil yang terbaik,” katanya.

Komentar