KAMI HADIR UNTUK MEMBERIKAN SOLUSI YANG TEPAT

lihat Jadwal Buat Janji Whatsapp

Chat

Cancer is the most curable chronic disease”
(De Vita).

Kanker timbul akibat sel-sel yang tak dapat dikontrol pertumbuhannya. Setiap sel normal, mempunyai fungsi dan batas umur tertentu. Untuk menjalankan fungsi dan menjaga pertumbuhan, diperlukan satu keteraturan. Untuk itu, setiap sel membutuhkan kontrol berupa kode genetika yang berasal dari inti sel. Tiap kerusakan pada inti sel, berakibat sel tubuh kehilangan kontrol dalam pertumbuhannya dan juga gangguan pada fungsinya. Berbeda dengan sel normal, pertumbuhan sel kanker amat cepat, dapat merusak jaringan sekitarnya dan memiliki kemampuan untuk menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah dan Lymphe. Sel kanker membutuhkan nutrisi dan aliran darah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan. Untuk itu, sel kanker dapat merangsang tumbuhnya pembuluh darah sesuai kebutuhannya. Dan, pertumbuhan akan semakin cepat.

Penyakit kanker sering dibayangkan sebagai satu jenis penyakit. Tidak, kanker merupakan lebih dari 200 penyakit berbeda. Berbeda dari asal jaringan, jenis kankernya maupun sifat-sifatnya. Sampai sekarang penyebab langsung terjadinya kanker belum sepenuhnya diketahui. Tetapi yang pasti, terjadinya kanker pada tubuh manusia, bukan karena penyebab tunggal tetapi multifactorial. Oleh karena itu, pencegahan primer kanker tidak mudah dilakukan. Dari awal timbulnya kerusakan inti sel sampai pada timbulnya gejala, perlu waktu yang amat panjang.

Devita menyatakan, kanker adalah penyakit kronis yang amat bisa disembuhkan. Tetapi sayang, kanker sering tidak memberi gejala di-awal. Sehingga kanker sering disebut Silent Killer. Gejala baru dirasakan setelah kanker cukup besar bahkan terkadang sudah mencapai stadium lanjut. Dua hal penting yang menentukan harapan sembuh penderita kanker. Pertama: Waspada! Kontrol rutin-berkala (walaupun tanpa gejala), akan menyelamatkan bapak-ibu. Kedua, datanglah memeriksa diri ke-Rumah Sakit yang tepat. Mengapa? Penanganan kanker berbeda dengan penyakit lain. Perlu akurasi tinggi, harus ditangani oleh tim dokter ahli yang berpengalaman. RS ONKOLOGI SURABAYA memberi sebuah tip: Bila bapak-ibu mengeluh ada sesuatu, belum tentu itu gejala kanker. Tetapi harus segera dibuktikan dengan pemeriksaan teliti, bahwa keluhan itu bukan karena kanker. Tetapi bila bapak-ibu tidak mempunyai keluhan apa-apa, belum tentu bapak-ibu tidak mempunyai kanker. Periksalah secara berkala ke Rumah Sakit yang tepat. Kanker bukanlah penyakit yang datang dengan tiba-tiba!

Untuk informasi lebih lanjut klik disini